LULUR UNTUK PERAWATAN KULIT TUBUH

LULUR

Lulur itu dimaksudkan untuk mempercepat lepasnya kulit mati. Dengan terlepasnya kulit mati yang kusam, setelah melulur kulit akan terlihat lebih cerah. Perlu diingat, kulit tidak akan menjadi lebih putih dengan lulur, sekadar terlihat cerah. Jadi jangan berharap banyak.

Sebenarnya kulit kita sudah punya mekanisme sendiri untuk berganti kulit tiap beberapa hari sekali. Nah, lulur ini akan mempercepatnya. Karena itu sebaiknya jangan terlalu sering melulur, maksimal dua kali seminggu saja. Bila dilakukan setiap hari, kulit bisa iritasi. Apalagi kalau kulit kita memang sensitif sehingga mudah iritasi, gatal, atau alergi.

Kalau terlalu sering melulur, yang hilang bukan hanya kulit matinya, lapisan pelindung kulit malah ikut terkelupas. Pigmen kulit yang melindungi kulit pun bisa hilang. Tanpa perlindungan ini, justru akan membahayakan kulit kita sendiri.

Pilihlah lulur yang baik dan aman, yang butirannya halus atau tidak terlalu kasar. Hindari lulur yang terlalu wangi dan warna mencolok. Sebab dikhawatirkan warna itu berasal dari pewarna buatan, seperti pewarna tekstil. Penting pula untuk memilih produk lulur yang sudah mengantongi izin dari Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan).

Lulur zaman dulu, yang bentuknya berupa bubuk dan kemudian dicampur air, itu sebenarnya paling aman. Atau lulur yang kita buat sendiri dari tepung beras atau bengkoang.

Setelah memilih lulur yang baik, perhatikan pula cara pemakaiannya. Saat melulur, jangan menggosok kulit terlalu keras dan lama, karena bisa alergi atau iritasi. Butiran kasar dalam lulur membuat kulit seperti diamplas, jadi berhati-hatilah menggunakannya. Hindari melulur kalau ada luka di kulit. Begitu pula di area lipatan yang hitam, seperti ketiak dan pangkal paha, jangan dilulur karena akan makin hitam kalau digosok-gosok.

Selain lulur, kita juga sering mendengar bleaching, yang katanya bisa memutihkan kulit. Sebenarnya bahan bleaching itu berbahaya karena terkontaminasi bahan kimia. Apalagi bleaching digunakan pada seluruh tubuh sehingga bahan kimia itu diserap semua bagian tubuh. Bayangkan bahayanya.

Sebelum tergiur dengan bleaching, cari tahu bahan yang terkandung dalam obat bleaching tersebut. Apakah ada amoniaknya, ada merkuri, ada hidrokinonnya? Kalau ada, sebaiknya hindari. Sebab, penggunaan jangka panjang bisa menyebabkan kanker, merusak ginjal, dan merusak janin pada ibu hamil.

Sebenarnya tak ada jaminan bleaching bisa memutihkan. Kalau kita perhatikan, yang jadi putih itu cuma rambut pada kulit karena pigmen rambut saja yang hilang. Bila kulitnya ikut putih, malah lebih berbahaya karena berarti pigmen kulitnya mati.

Lulur tidak berbahaya seperti bleaching. Bahan lulur hanya sampai bagian atas kulit, tidak masuk ke dalam kulit seperti bleaching. Namun perhatikan penggunaannya seperti yang telah diuraikan di atas.

Saat ini kehidupan telah banyak diracuni oleh polutan, baik yang berasal dari asap pabrik maupun asap kendaraan bermotor, dan zat-zat kimia berbahaya sebagai salah satu efek dari kemajuan zaman. Baik disadari maupun tidak, seluruh polutan dan zat-zat tersebut akan memberikan efek negatif kepada kesehatan kulit anda. AC dan stress juga dapat menyebabkan kulit kering, timbul flek-flek hitam, dan bahkan menjadikan kulit keriput.

Oleh karena itu, diperlukan rangkaian perawatan yang mampu menjaga kesehatan, melembutkan, dan tak lupa pula memberikan nutrisi yang berguna bagi kulit. Lulur dapat menjadi salah satu alternatif “murah meriah” yang dapat anda pilih untuk menjaga kesehatan kulit dan sekaligus memberikan nutrisi berguna bagi kulit.

Pastikan bahwa anda telah memberikan perawatan terbaik bagi kulit anda. Jangan ragu, karena kesehatan adalah investasi yang tak ternilai harganya. Sebelum menggunakan lulur, pastikan terlebih dahulu bahwa lulur yang akan anda gunakan tersebut adalah lulur yang terbuat dari bahan-bahan alami dan natural. Alami dan natural disini berarti lulur tersebut berbahan dasar dari alam dan mengandung sesedikit mungkin bahan-bahan kimia, karena kulit adalah bagian tubuh yang sangat sensitif terhadap bahan kimia.

Lulur Mengandung banyak kegunaan yang dibutuhkan oleh kulit seperti :

  • Vitamin A yang terkandung didalamnya adalah untuk memberi nutrisi pada kulit.
  • Asam bethidroksi berperan sebagai pelembab alami kulit , dimana pelembab ini akan mengangkat dan membuang sel-sel kulit yang mati, melembutkan, dan juga menghaluskan kulit sehingga kulit nampak halus dan bercahaya.
  • Asam laktat yang terkandung didalamnya dapat membantu juga membersihkan dan melembutkan kulit sehingga merangsang proses pembentukan kembali sel-sel kulit.
  • Membantu untuk menyehatkan kembali dan merawat kulit kita supaya tidak kusam, memutihkan kulit, mengencangkan dan menyehatkan kulit.
  • Membantu untuk membuang semua sisa-sisa tumpukan sel-sel kulit mati.

Cara Pemakaian Lulur Cream dan Lulur Bubuk/Powder

Lulur Cream :

  1. Pastikan tidak ada luka basah atau luka yang belum sembuh di seluruh tubuh anda.
  2. Ambil lulur cream secukupnya
  3. Sebelum memulai ritual luluran, sebaiknya tubuh diolesi massage oil & dipijat perlahan, untuk melancarkan peredaran darah & mempermudah pengelupasan sel-sel kulit mati serta kotoran yang menempel di kulit kita.
  4. Setelah dimassage, oleskan lulur ke seluruh tubuh.
  5. Biarkan hingga setengah mengering.
  6. Gosok lulur hingga lepas dari seluruh tubuh sesekali disertai gerakan memutar, beri perhatian ekstra pada bagian lipatan-lipatan.
  7. Lanjutkan dengan mandi air hangat yang telah diberi campuran essential oil.
  8. Keringkan tubuh dan oleskan body lotion atau body oil.

 

Lulur Bubuk / Powder :

  1. Pastikan tidak ada luka basah atau luka yang belum sembuh di seluruh tubuh anda.
  2. Ambil lulur bubuk secukupnya
  3. Campurkan dengan air sehingga mengental
  4. Tambahkan dengan susu bubuk terutama untuk anda yang mempunyai jenis kulit kering dan bersisik. Susu bubuk berfungsi untuk melembabkan kulit anda.
  5. Sebelum memulai ritual luluran, sebaiknya tubuh diolesin massage oil & dipijat perlahan, untuk melancarkan peredaran darah & mempermudah pengelupasan sel-sel kulit mati serta kotoran yang menempel di kulit kita.
  6. Setelah dimassage, oleskan lulur ke seluruh tubuh.
  7. Biarkan hingga setengah mengering.
  8. Gosok lulur hingga lepas dari seluruh tubuh sesekali disertai gerakan memutar, beri perhatian ekstra pada bagian lipatan-lipatan.
  9. Lanjutkan dengan mandi air hangat yang telah diberi campuran essential oil.
  10. Keringkan tubuh dan oleskan body lotion atau body oil.

Dengan perawatan teratur 2 kali seminggu, kulit sehat bercahaya pasti jadi milik Anda! Perawatan ini dapat kita lakukan sendiri di rumah.

#berbagaisumber

This entry was posted in Artikel and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s